Kunci Kemenangan

Kunci Kemenangan
Kunci Kemenangan

Dari Keluaran 17:8-17, kita dapat menemukan prinsip-prinsip kunci kemenangan yang harus dipahami untuk meraih kemenangan, yaitu:

1. Kemenangan ditentukan oleh apa yang terjadi di dalam roh.
Sadar atau tidak sadar pusat kehidupan kita ada di dalam roh karena Tuhan menciptakan kita sebagai manusia roh. Anda pasti pernah mengalami, saat roh berkobar anda menjalani hidup dengan penuh kemenangan, dan sebaliknya, saat roh suam anda menjalani hidup dengan penuh kesuraman.

Karenanya, untuk bisa terus hidup dalam kemenangan anda perlu terus menjagai kobaran roh yang ada. Peperangan yang sesungguhnya terjadi di dalam roh, kemenangan yang sesungguhnya diraih di dalam roh.

2. Pengalaman kemenangan yang benar akan memperkaya dimensi pengenalan kita akan Allah (ayat 15-16).
Setelah pengalaman kemenangan itu, Musa mendirikan mezbah dan menyebut Tuhan adalah panji kemenangan. Ada dimensi pengenalan akan Allah yang baru yang Musa dapatkan.

Pengalaman kemenangan yang diraih di dalam roh akan menyingkapkan dimensi pengenalan akan Allah yang baru dalam hidup kita.

3. Dalam kehidupan korporat, apa yang dilakukan seorang pemimpin di dalam roh akan menentukan kemenangan jemaatnya.
Ketika Musa mengangkat tangan, prajurit Israel menang, tapi ketika Musa turun tangannya prajurit Israel kalah. Kemenangan umat ditentukan oleh apa yang dilakukan sang pemimpin di dalam roh.

Berbahagialah jemaat yang pemimpinnya punya kemampuan untuk bergerak di dalam roh, mengimpartasikan sesuatu, dan meraih kemenangan di dalam roh. Karena sebagaimana pemimpinnya menang jemaat pun akan mengalami kemenangan.

4. Walaupun kemenangan jemaat ditentukan oleh apa yang dilakukan pemimpin di dalam roh namun jemaat tetap harus mengerjakan bagian yang harus mereka kerjakan.
Apa yang dilakukan Musa memang menjadi penentu kemenangan umat, tetapi semua umat tetap berperang sebagaimana seharusnya, tidak ada yang berpangku tangan.

Mereka tetap harus melakukan bagian yang harus mereka lakukan, baru kemenangan dapat diraih. Pemimpin melakukan bagiannya, jemaat melakukan bagiannya, dan Tuhan pun akan melakukan bagian-Nya, maka kemenangan terjadi.

5. Kemenangan korporat dapat diraih jika seluruh jemaat berfungsi sebagaimana seharusnya.
Musa berfungsi sebagai pemimpin untuk memimpin dan memenangkan jemaat dalam roh. Harun dan Hur berfungsi menopang tangan Musa secara langsung, Yosua berfungsi memimpin di medan perang, yang lain ikut berperang sebagai prajurit. Semua berfungsi di tempat yang telah ditetapkan bagi mereka.

Dengan cara seperti itulah kemenangan akan dapat diraih. Bila seluruh pemimpin, pengerja, dan jemaat berfungsi sebagaimana seharusnya, gereja pasti akan meraih kemenangannya.

Dengan memahami dan menghidupi prinsip-prinsip di atas, kunci kemenangan akan ada di tangan Anda. Selamat mengalami kemenangan!

Baca pula: Jalan Hidup Orang Benar.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*