Mengatasi Masalah Tanpa Masalah dengan Belajar dari Allah

Mengatasi Masalah Tanpa Masalah dengan Belajar dari Allah
Mengatasi Masalah Tanpa Masalah dengan Belajar dari Allah

Pernahkah anda menghadapi masalah besar yang sepertinya tidak ada solusinya? Anda menjadi panik dan bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Anda coba melakukan ini dan itu, tetapi masalah bukannya selesai tetapi malah menimbulkan masalah baru. Tahukah Anda Allah pun pernah mengalami hal yang sama?

Pada waktu itu Allah menciptakan langit dan bumi dengan sempurna, tetapi Lucifer yang dibuang ke bumi memporak-porandakan semua yang sudah baik itu. Sebagai akibatnya bumi menjadi tidak berbentuk dan kosong, bahkan gelap gulita menutupi seluruh samudera raya.

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi. (Kejadian 1:1-3)

Ini masalah besar! Tapi tenang, Allah tidak panik, Dia tahu apa yang harus Dia perbuat. Dan sekarang, mari kita melihat bagaimana  Allah mengatasi masalah tanpa menimbulkan masalah baru. Mari kita belajar untuk mengatasi masalah tanpa masalah dengan belajar dari Allah.

Mengerami masalah dalam roh

Apa yang Allah lakukan saat menghadapi masalah bumi tersebut? Alkitab mencatat: ”Dia melayang-layang di atas permukaan air,” kalau ’dimanusiakan,’ kalimatnya akan menjadi: Mengerami masalah dalam roh. Bagaimana gambarannya? Anda pernah melihat seekor induk ayam mengerami telurnya? Dari luar kelihatannya seperti tidak ada aktifitas, tidak ada yang dikerjakan. Semua terjadi di dalam roh, tidak terlihat. Tetapi tiba-tiba … ”TASS!! KREEKK!!” Apa yang terjadi? Tiba-tiba kulit telur yang tebal yang menghalangi si anak ayam untuk menetas, pecah!

Seperti itulah jika kita mengerami masalah dalam roh. Secara fisik, kelihatannya kita tidak melakukan apa-apa. Tetapi sebetulnya ada banyak yang digumuli di  dalam roh. Dan saat kita terus mengeraminya dengan tekun, tiba-tiba sesuatu terjadi! Tiba-tiba ada yang terpecahkan! Segala selubung yang tebal yang selama ini tak terpecahkan tiba-tiba terpecahkan dan…. masalahnya selesai begitu saja, karena Roh Allah yang mengerjakannya. Jadi saat kita mengerami masalah dalam roh, sebetulnya kita sedang mengijinkan dan membiarkan Roh Allah bekerja.

Tapi bagaimana aplikasi praktisnya? Bagaimana melakukannya? Begini:

1. Bawa masalah pelik yang sedang Anda hadapi ke hadapan Tuhan di dalam doa.

2. Mulailah berdoa dalam roh. Bagi Anda yang sudah dibaptis Roh Kudus dengan tanda berbahasa roh, berdoalah dengan bahasa roh yang sudah dikaruniakan Tuhan itu.

Roma 8:26-28 berkata,

”Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Roh akan membantu Anda berdoa. Teruslah berdoa sampai muncul kesan atau penyataan Allah atau Firman Allah dari roh Anda yang terbaca dalam pikiran Anda. Dan akan muncul kesaksian dalam roh Anda bahwa sekarang Allah sedang bekerja! Lalu muncul sebuah keyakinan yang pasti bahwa Roh Allah akan mengerjakan segalanya dan Anda akan menang! 

3. Lepaskan Firman yang sudah anda terima tersebut ke luar dari mulut Anda.

Langkah berikutnya adalah melepaskan Firman yang sudah Anda terima saat anda berdoa dalam roh. Lepaskan dengan kuat ke luar dari mulut Anda. Lepaskan dengan keyakinan yang penuh, bahwa apa yang Dia Firmankan itulah yang akan terjadi!

Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi. (Kejadian 1:3)

Setelah Allah melepaskan Firman-Nya, maka segala sesuatu terjadi seperti yang Dia Firmankan. Demikian pula setelah Anda menerima Firman dari Dia, dan Anda terus melepaskannya ke luar dari mulut Anda, maka segala sesuatu akan terjadi seperti yang Dia Firmankan.

Terkadang saat Anda berdoa seperti ini, Tuhan juga bisa mengungkapkan atau menyingkapkan berbagai data dan fakta yang Anda butuhkan, dan tiba-tiba Anda melihat jalan ke luar dari masalah tersebut. Kalau dari penyingkapan Roh tersebut ada sesuatu yang harus Anda lakukan, lakukanlah sesuai dengan petunjuk Roh.

Jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dan konsisten, Anda akan melihat, semua masalah yang sepertinya tidak ada solusi tersebut, tiba-tiba akan terpecahkan!

Begitulah caranya mengatasi masalah tanpa masalah dengan belajar dari Allah. Selamat berjuang!

Baca juga: Kasih Dalam Pelayanan VS Ambisi.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*