Mengenali Anugerah Perwakilan

Mengenali Anugerah Perwakilan
Mengenali Anugerah Perwakilan

Dalam artikel yang lalu kita belajar tentang anugerah yang diberikan Tuhan dalam bentuk seseorang. Kita perlu mengenali orang yang dikirim Tuhan menjadi anugerah bagi kita. Bagaimana caranya mengenali anugerah perwakilan? Kenali ciri-cirinya, berikut inilah ciri-cirinya:

1. Saat dia berbicara seringkali roh kita bergejolak.
Saat kita mendengar dia berbicara atau berkhotbah roh di dalam kita bergejolak sangat kuat. Berbagai mimpi, kerinduan, iman, pengharapan, dan kobaran roh yang selama ini sudah mati atau hampir mati tiba-tiba bangkit kembali.

Roh di dalam kita seperti melonjak-lonjak kegirangan tapi juga terharu, tapi yang pasti sesuatu yang Ilahi sedang terjadi di dalam kita.

2. Saat kita menghubungkan diri dengannya/pengajarannya, ada berbagai terobosan llahi yang kita alami.
Saat kita terus terhubung dengannya dan menekuni pengajarannya akan ada berbagai terobosan Ilahi yang terjadi dalam hidup kita. Posisi rohani kita mengalami peningkatan sehingga apa yang selama ini menjadi pergumulan bagi kita, perlahan tapi pasti mulai tersingkir.

Jalan-jalan yang selama ini tertutup mulai terbuka. Kita mulai menikmati anugerah Tuhan melalui kehidupannya. Tidak banyak yang kita lakukan, tetapi banyak yang kita terima dan banyak yang terjadi dalam hidup kita.

Contoh Alkitab:
Sama seperti Gideon yang diutus Tuhan untuk menjadi anugerah bagi Israel, pada waktu ia meniup sangkakala, orang-orang Israel yang selama ini haus akan kemerdekaan meresponi panggilannya. Mereka yang tadinya dicekam oleh ketakutan dan sudah kehilangan pengharapan, tiba-tiba sesuatu bergejolak di dalam diri mereka menerobos segala ketakutan yang ada.

Dengan iman dan pengharapan yang baru mereka meresponi panggilan Gideon untuk berperang melawan Midian. Dan pada waktu mereka menghubungkan diri dengan Gideon untuk bersama-sama mewujudkan kehendak Tuhan bagi mereka, mereka mengalami kemenangan. Semua pergumulan yang tidak terselesaikan selama 7 tahun, tiba-tiba sirna begitu saja. Mereka mengalami anugerah pembebasan melalui kehidupan Gideon.

“Pada waktu itu Roh TUHAN menguasai Gideon; ditiupnyalah sangkakala dan orang-orang Abiezer dikerahkan untuk mengikuti dia. Juga dikirimnya pesan kepada seluruh suku Manasye dan orang-orang ini pun dikerahkan untuk mengikuti dia. Dikirimnya pula pesan kepada suku Asyer, Zebulon dan Naftali, dan orang-orang ini pun maju untuk menggabungkan diri dengan mereka” (Hakim-Hakim 6:34-35).

“Demikianlah orang Midian tunduk kepada orang Israel dan tidak dapat menegakkan kepalanya lagi; maka amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya pada zaman Gideon” (Hakim-Hakim 8:28).

Itulah ciri-ciri yang bisa kita alami saat kita bertemu dengan orang yang Tuhan utus untuk menjadi anugerah perwakilan bagi hidup kita. Dan selanjutnya jika kita terus terhubung dengan dia dan terus menekuni pengajarannya, maka kita akan terus hidup dalam anugerah-Nya.

Demikianlah cara mengenali anugerah perwakilan. Selamat menemukan dan menikmati anugerah yang telah Tuhan siapkan untuk setiap kita. Amin!

Baca pula: Anugerah Perwakilan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*