Firman Kasih Karunia

“Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya” (Kisah Para Rasul 20:32).

Firman Kasih Karunia
Firman Kasih Karunia

Sebagai orang percaya, kita harus hidup dalam kasih karunia Allah, karena di luar kasih karunia kita tidak dapat berbuat apa-apa. Kasih karunialah yang membuat kita selamat, kasih karunia-Nya jugalah yang memampukan kita untuk hidup sebagai anak-anak Kerajaan.

Karena kasih karunia kita memulai perjalanan iman kita, karena kasih karunia-Nya jugalah kita akan mengakhirinya dengan penuh kemenangan. Tetapi untuk kita bisa tetap tinggal di dalam kasih karunia-Nya kita membutuhkan Firman kasih karunia.

Jika kita tidak menerima Firman kasih karunia, kita sulit untuk hidup di dalam kasih karunia. Itu sebabnya sangat penting untuk kita perhatikan Firman jenis apakah yang kita terima selama ini? Kalau sampai saat ini kita masih terus hidup di dalam pergumulan, itu menunjukkan Firman yang kita terima bukanlah Firman kasih karunia.

Firman kasih karunia memiliki kuasa untuk:

1. Membangun
Jika kita menerima Firman kasih karunia, hidup kita akan dibangun menjadi rumah Allah yang hidup dan hidup kita pasti mengalami pertumbuhan dan perubahan yang signifikan, bahkan sampai kepada status sosial kita.

“Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang” (I Korintus 1:26).

Saat pertama Paulus datang ke Korintus, jemaat di sana bukanlah orang-orang yang bijak, berpengaruh atau terpandang. Tetapi Paulus melepaskan Firman kasih karunia, sehingga jemaat hidup dalam kasih karunia, dan karenanya mereka mengalami pertumbuhan rohani yang berdampak kepada perubahan kehidupan dan status sosial mereka, sehingga sekarang mereka menjadi orang-orang bijak, berpengaruh, dan terpandang di komunitas.

Firman kasih karunia berkuasa membangun dan bukan sekedar memberkati. Firman kasih karunia memampukan kita untuk melakukan segala sesuatu yang secara manusiawi tidak bisa kita lakukan. Firman kasih karunia membuat kita hidup dalam potensi Ilahi. Firman kasih karunia membuat kita tidak lagi hidup berdasarkan apa yang kita miliki atau tidak miliki, apa yang mampu atau tidak mampu kita lakukan; tetapi berdasarkan apa yang Sorga sediakan bagi kita.

2. Menganugerahkan warisan yang sudah ditentukan bagi orang percaya.
Saat pertama kali menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan kita lahir baru, sebetulnya kita menerima “paket berkat keselamatan” Ada banyak fasilitas Ilahi di dalamnya. Itulah warisan yang seharusnya menjadi bagian kita.

“Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga” (Efesus 1:3).

Segala berkat rohani di dalam Sorga adalah bagian warisan kita.

“Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia” (II Petrus. 1:3-4).

Hidup dalam kodrat Ilahi (hidup sebagaimana Allah hidup) adalah bagian warisan kita.

Ada banyak warisan yang seharusnya menjadi bagian kita, tetapi sampai sejauh ini kita belum dapat menerimanya karena tidak ada Firman kasih karunia yang berkuasa menganugerahkan warisan yang sudah ditentukan untuk kita terima.

Firman kasih karunia akan menyingkapkan warisan apa yang sudah ditetapkan untuk menjadi bagian kita dan Firman kasih karunia juga memampukan kita untuk meraih apa yang sudah disingkapkan tersebut, sehingga kita benar-benar hidup berdasarkan apa yang Sorga sediakan bagi kita.

Coba evaluasi, apakah yang selama ini anda terima adalah Firman kasih karunia? Kalau Ya, anda pasti sudah terbangun menjadi rumah Allah yang merepresentasikan kehidupan Allah sendiri dan anda pasti sudah menerima warisan yang dari semula sudah ditentukan untuk menjadi bagian anda.

Selamat menikmati Firman kasih karunia, dan tetaplah tinggal di dalamnya!

Baca juga: Batu Sudah Terguling! Kubur Sudah Kosong! Yesus Sudah Bangkit!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*